TENTANG PKTJ TEGAL

Pertama dikenal sebagai Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Jalan Raya (BALAI DIKLAT TRANSJAYA) Tegal yang didirikan pada tanggal 14 Mei 1971 dan pada tanggal 27 September 1971 dibuka dan diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Bpk. Sumpono Bayuaji. Lokasinya menempati bekas pergudangan PJKA (SCS) dengan luas areal kurang lebih 6,5 ha dan terletak di Jalan Semeru Nomor 3 Tegal, Jawa Tengah. Awal berdirinya lebih dikenal sebagai Pusdik Perhubungan Darat dibawah naungan Lembaga Pendidikan (LEMDIK) Perhubungan Darat di Jakarta. Dengan adanya perubahan struktur organisasi Departemen Perhubungan Nomor : KM.415/U/PHB-1975 nama LEMDIK Perhubungan Darat diubah menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan Darat (Pusdiklat Perhubungan Darat). Pusdik Perhubungan Darat di Tegal berubah menjadi Unit Pelaksana Pendidikan dan Latihan Perhubungan Darat dan dengan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM.51/OT/PHB-1978 tanggal 8 Maret 1978 berubah menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Darat dan Jalan Raya ( BALAI DIKLAT TRANSJAYA) Tegal. Kemudian dengan adanya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM.73 Tahun 2002 namanya berubah lagi menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Tegal sampai dengan saat ini.

dimana POLTRAN TEGAL memiliki 3 jurusan yakni :

PROGRAM D IV MANAJEMEN KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN




Program studi ini adalah suatu ilmu multi disiplin, dimana didalamnya terdapat ilmu teknik sipil yang terkait dengan perancangan jalan dan jembatan, desain manajemen dan rekayasa lalu lintas. Perbedaannya adalah pada Diploma IV MKTJ ini adalah bukan untuk membuat atau merancang, melainkan untuk kepentingan audit dan inspeksi serta kepentingan investigasi dan mitigasi pada daerah rawan kecelakaan lalu lintas. Demikian juga terdapat ilmu teknik mesin dan otomotif pada program diploma ini, namun lebih fokus pada karakteristik kendaraan bermotor dan persyaratan teknis dan laik jalannya. Perhatian pada disiplin ini lebih diarahkan pada kemampuan untuk melakukan audit dan inspeksi Sistem Manajemen Keselamatan pada kendaraan bermotor serta untuk kepentingan investigasi pada kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh factor kendaraan bermotor. Dan yang paling spesifik dari disiplin ilmu ini adalah seperti pendidikan keselamatan, desain kampanye keselamatan, human factor, penegakkan hukum transportasi dsb yang merupakan penggabungan berbagai disiplin ilmu seperti ilmu teknik komunikasi, ilmu faal, ilmu social, ilmu hukum dan ekonomi. Saat ini kegiatan seperti perancangan, audit, inspeksi, investigasi, analisis dsb yang seharusnya terintegrasi justru dilaksanakan secara parsial tanpa membentuk satu kesatuan. Hal ini dimungkinkan karena sistem transportasi di Indonesia menggunakan pendekatan system orchestra yang membagi-bagi kewenangan, sehingga koordinasi diperlukan untuk keterpaduannya. Namun hal ini sangat sulit tercapai. Melalui program DIV MKTJ ini kendala ini diminimalisir, sebagai contoh seorang Polisi yang tugas dan tanggung jawabnya sebagai investigator kecelakaan lalu lintas, dia akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik karena dia juga memahami tentang desain keselamatan jalan maupun persyaratan teknik dan laik jalan kendaraan bermotor. Atau seorang petugas Bina Marga yang memiliki tugas tanggung jawab baik sebagai desainer, auditor maupun inspector jalan dia akan dapat merancang jalan yang “memahami pengemudi dan kendaraannya” karena dia juga memahami dan mengerti karakteristik kendaraan bermotor dan human factor (keterbatasan pada manusia, karakteristik pada manusia dsb). Inilah yang ingin dicapai dari penyelenggaraan prodi DIV MKTJ ini, seorang figure desainer keselamatan yang memiliki kemampuan dan sikap untuk menciptakan keselamatan transportasi jalan dengan memahami setiap aspek yang berpengaruh dalam keselamatan jalan.



PROGRAM D IV TEKNIK KESELAMATAN OTOMOTIF



Program studi ini adalah suatu ilmu terapan yang merupakan pengembangan dari disiplin ilmu teknik mesin, teknik elektronika dan teknik otomotif. Saat ini perkembangan dunia otomotif sangat cepat, dengan menggabungkan 4 (empat) disiplin ilmu yaitu ilmu teknik mesin, teknik otomotif, teknik elektronika dan teknik informatika sehingga saat ini kita mengenal beberapa istilah dalam dunia otomotif seperti ototronik yaitu system dalam kendaraan bermotor yang menggabungkan antara prinsip otomotif dengan kecanggihan elektronika. Sistem control dalam kendaraan bermotor tidak lagi secara konvensional namun menggunakan system yang dikenal dengan istilah On Board Diagnostic ( OBD ). Adalagi istilah smart car yaitu system kendaraan bermotor yang menggabungkan antara teknologi otomotif dengan teknologi informatika yang memungkinkan pengguna kendaraan dipandu pada malam hari, atau menghindari tersesat dijalan, atau berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya dalam satu koridor dsb. Kemudian adalagi istilah mobil hybrid yang mengkombinasikan teknik mesin dan teknik elektronika, dimana sebuah mobil dimungkinkan memiliki 2 (dua) macam sumber tenaga, bisa menggunakan motor pembakaran dalam ( internal combustion engine ) atau menggunakan tenaga listrik. Hal ini ditujukan agar konsumsi BBM dapat ditekan serendah mungkinGambaran kemajuan dunia otomotif diatas saat ini mendeskripsikan bahwa saat ini dunia after market otomotif sangat membutuhkan kompetensi yang spesifik yang dapat menguasai ketiga disiplin ilmu yang digabungkan menjadi satu kompetensi. Me



PROGRAM DIII PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR



Visi

Menjadikan lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang mencetak professional dibidang Pengujian Kendaraan Bermotor yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.t

Misi

1) Melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian di bidang teknologi pengujian kendaraan bermotor serta teknik keselamatan & kesehatan kerja pengujian otomotif (professionalism-sustainability).

2) Berperan dalam kegiatan kemasyarakatan secara aktif dan produktif, untuk mengembangkan teknologi pengujian kendaraan bermotor serta teknik keselamatan & kesehatan kerja pengujian kendaraan bermotor (good governance-professionalism).

3) Membangun masyarakat akademis berkualitas yang mampu berkompetisi secara global (sustainability-professionalism).

4) Membangun networking dengan sektor industri otomotif serta berbagai institusi terkait untuk merealisasikan sistem pendidikan yang komprehensif (good governance-sustainability).

5) Mengintegrasikan pengembangan kepribadian dalam proses pembelajaran dan atau kegiatan ekstra kurikuler untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa serta ber-akhlakul kharimah (moral value).

6) Menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan bagi sivitas akademik


Tujuan

Tujuan pendidikan Program Studi D III Pengujian Kendaraan Bermotor mengacu pada tujuan pendidikan nasional sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Bab II Pasal 3, bahwa pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ber akhlakul kharimah, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan demikian lulusan yang dihasilkan mampu melakukan tugas-tugas di Pemerintahan dan industri secara professional khususnya dibidang pengujian kendaraan bermotor. nik saat ini harus mampu menggunakan engine scanner, menguasai engine management system dsb. Program studi teknik mesin dan pendidikan otomotif jelas tidak mengakomodir kebutuhan ini. Sehingga saat ini hampir semua teknisi dan mekanik bengkel umum dan ATPM secara rutin harus belajar khusus tentang perkembangan teknologi otomotif ini untuk dapat melayani after market otomotif. Program studi Diploma IV Teknik Keselamatan Otomotif ini didesain untuk dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai dan mampu / menguasai teknologi otomotif terkini yang merupakan gabungan / kombinasi dari berbagai disiplin ilmu tadi, sehingga lulusan program ini akan memenuhi kebutuhan kompetensi dari bengkel-bengkel modern, ATPM maupun aparatur yang bertanggung jawab dalam mengaudit dan menginspeksi bengkel umum/perusahaan angkutan umum. Inilah karakteristik dan spesifikasi khusus program Diploma IV Teknik Keselamatan

KUNJUNGI PULA : http://poltran.ac.id

1 komentar:

  1. boleh tanya? yang dipelajari di POLTRAN ini apa aja yah? kaya makul nya itu apa aja? pengen kesana, deket dari rumah juga (saya di magelang) boleh pakai kerudung? ini berasrama yah? biaya gimana kak? maaf yah banyak tanya, terimakasih. maaf kalau kurang sopan

    BalasHapus